nyamuk dbd

6 Tips Ampuh Mencegah Gigitan Nyamuk Demam Berdarah (DBD)

Demam berdarah masih menjadi salah satu penyakit yang perlu diwaspadai, karena Kementerian Kesehatan telah mencatat, jumlah kasus DBD sebanyak 22.331 kasus per 31 Maret lalu. Tips ampuh mencegah gigitan nyamuk dbd versi Improcare.

Angka tersebut melonjak cukup tinggi jika dibandingkan kasus pada tiga pekan awal 2022 yang mencatatkan 313 kasus. Saat memasuki musim hujan, DBD mulai berkeliaran lewat perantara nyamuk yang membawa virus demam berdarah. Karena pada dasarnya, nyamuk DBD menyukai genangan air yang menjadi tempat untuk berkembang biak. Lantas, mencegah DBD lebih baik daripada mengobati.

Berikut 6 tips ampuh mencegah gigitan nyamuk DBD (demam berdarah) di rumah:

  1. Menguras, rutin menguras atau membersihkan berbagai tempat yang menjadi penampungan air. Selain itu, dinding bak maupun tempat penampungan air lainnya juga perlu digosok. Hal tersebut bertujuan agar dapat membersihkan sekaligus membuang telur nyamuk yang menempel erat pada dinding wadah air tersebut. Karena, nyamuk penyebab demam berdarah dapat bertahan di tempat kering selama 6 bulan lamanya.
  2. Menyingkirkan genangan air di sekitar rumah,  nyamuk berkembang biak di genangan air yang tenang setidaknya seminggu sekali. Oleh karena itu, menyingkirkan genangan yang dapat menjadi tempat berkembangnya jentik nyamuk di rumah seperti genangan pada pot bunga, kaleng bekas yang terisi air dan ban bekas yang terisi air merupakan cara mencegah jentik nyamuk terbaik yang dapat dilakukan sendiri di rumah.
  3. Menutup, selain membersihkan tempat yang berpotensi menampung air juga perlu ditutup. Tidak hanya menutupnya ketika sedang tidak digunakan, perlu juga mengubur barang bekas di dalam tanah. Karena, ada beberapa benda rongsok yang kotor berpotensi menjadi sarang nyamuk aedes aegypti.
  4. Menjaga kebersihan rumah dan sekitarnya, jangan biarkan rumah dalam kondisi lembab tanpa ada cahaya masuk. Memangkas rumput dan semak belukar di halaman rumah juga dapat berfungsi untuk menghilangkan tempat beristirahat yang di sukai nyamuk.
  5. Menghindari untuk menggantung pakaian kotor di dalam kamar mandi,  nyamuk merupakan serangga terbang yang sangat suka hinggap untuk beristirahat di pakaian pakaian kotor yang di gantung kerena memiliki bau keringat yang di sukai oleh nyamuk.
  6. Membuat diri agar tidak menarik bagi nyamuk, memakai lotion anti nyamuk membantu untuk terhindar dari gigitan nyamuk selama beraktifitas di dalam maupun diluar rumah.

Yuk, jaga lingkungan sekitar dari Nyamuk DBD. Lebih baik mencegah daripada mengobati, 6 Tips Ampuh Mencegah Gigitan Nyamuk Demam Berdarah (DBD) diatas dapat diterapkan. Lakukan fogging untuk mengurangi populasi di lingkungan sekitar sobat Improcare. (ditulis oleh : Eka Agus Vitayanti, Mahasiswi Semester 6, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

nyamuk dbd

cara menghindari nyamuk


Artikel Terbaru

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Mau Tanya Dong!
1
Konsultasi Sekarang
Konsultasi Improcare
Halo Sobat Improcare
Selamat Datang di website Improcare, kami akan selalu disini