cara menghilangkan nyamuk

5 Cara Menghilangkan Nyamuk Secara Alami

Keberadaan nyamuk didalam rumah memang sangat mengganggu bagi semua orang, terkhusus bagi kalangan ibu-ibu yang selalu khawatir keluarganya terkena gigitan nyamuk. Lalu bagaimana cara menghilangkan nyamuk?

Pasalnya, selain nyamuk dapat menganggu kenyamanan saat tidur, gigitan nyamuk juga akan menyebabkan kulit badan menjadi merah dan terasa gatal. Dampak yang paling buruk yang dapat diakibatkan oleh gigitan nyamuk yaitu penyakit demam berdarah dan malaria yang dapat menyerang siapa saja.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membasmi nyamuk, baik dengan menggunakan zat kimia atau menggunakan bahan alami.

Berikut cara menghilangkan nyamuk secara alami :

  • Daun Serai
    Daun serai merupakan bahan masakan yang ada di dapur. Bahan ini dapat digunakan untuk mengusir nyamuk di dalam rumah. Bau dari senyawa sitronela dan atsiri yang ada dalam daun serai tidak disukai oleh nyamuk.

    Untuk penggunaannya sangat mudah. Cukup rebus daun serai dengan air secukupnya. Kemudian air hasil rebusan tersebut digunakan untuk mengepel lantai atau sebagai bahan semprotan bagi daerah-daerah yang menjadi tempat tinggal nyamuk.
  • Bawang Putih
    Bawang putih merupakan bumbu masakan yang selalu ada di dapur. B awang putih sangat cocok untuk mengusir nyamuk dari dalam rumah. Hal tersebut disebabkan karena kandungan aroma senyawa sulfur yang ada dalam bawang putih tidak disukai oleh nyamuk.

    Cara pemakaiannya  cukup mudah, yaitu dengan menggunakan air rebusan bawang putih sebagai semprotan di seluruh ruangan rumah.
  • Kulit Jeruk
    Semua orang pasti mengenal kulit jeruk bukan? Ya, buah yang memiliki bentuk bulat ternyata kulitnya bisa digunakan untuk mengusir nyamuk dalam rumah. Hal tersebut berdasarkan suatu penelitian yang menjelaskan bahwa kulit jeruk terdapat kandungan senyawa lemonen yang mampu merusak sistem pernafasan pada nyamuk. Sehingga peletakan kulit jeruk di beberapa lokasi sarang nyamuk dapat mengurangi intensitas nyamuk untuk berkembang.

Tanaman Lain

  • Lavender
    Kemampuan mengusir nyamuk juga dapat dilakukan oleh aroma yang dikeluarkan dari lavender. Di mana dalam senyawa lavender terdapat aroma linalool dan linalyl asetat yang tidak disukai oleh nyamuk. Selain nyamuk, serangga lain seperti, kecoa, lalat bahkan agas juga tidak suka dengan aroma yang dikeluarkan oleh lavender.
  • Kayu Manis
    Kayu manis dianggap sangat ampuh dalam mengusir nyamuk dalam rumah hal tersebut dkarenakan dalam kandungan kayu manis terdapat senyawa cinnamaldehyde, yang sangat dibenci oleh nyamuk demam berdarah. Untuk cara pemakaiannya sediri sangat mudah, kayu manis bisa diiris lalu diletakkan pada sudut kamar yang menjadi lokasi yang sering disinggahi nyamuk. Atau degan menggunakan air rebusan kayu manis untuk sebagai bahan semprotan ruangan.

Itulah tanaman paling ampuh untuk mengusir nyamuk. Dengan bahan alami yang sering kita jumpai tersebut, kita dapat memberikan perlidungan keluarga dari serangan nyamuk lo. Tuh, keren banget kan. Kenyamanan dan kesehatan keluarga adalah hal nomor satu yang tidak bisa abaikan ya sobat improcare.

Pusing mikirin hama? IMPROCARE solusinya! Yuk Konsultasi kan masalah Hama Anda Bersama Improcare!!!

Layanan konsultasi & survey gratis melalui : 087802874342 (Fast Response) (ditulis oleh : Erin Tia Rani, Mahasiswi Semester 6, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

cara menghilangkan nyamuk

cara menghilangkan nyamuk


Artikel Terbaru

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Mau Tanya Dong!
1
Konsultasi Sekarang
Konsultasi Improcare
Halo Sobat Improcare
Selamat Datang di website Improcare, kami akan selalu disini